26 November 2010

Summer Japanese Fair 2009

Yoo~ Sebagai organisasi yang baru berdiri belum lama, GLOBAL VOICE GROUP ternyata sudah bisa membuat sebuah acara yang spektakuler !!! Ya ! Summer Japanese Fair (SJF) 2009! Sebuah acara bernuansa Jepang yang sepenuhnya diorganisir oleh GLOBAL VOICE GROUP. Untuk ketua panitia acara ini adalah Feliana.

Menurut ketua panitianya, event kali ini agak berbeda dengan acara-acara bernuansa Jepang sebelumnya. Acaranya diselenggarain di CafĂ© Nineteen, Pontianak, tanggal 1-2 Agustus 2009 yang lalu. Pas hari Sabtu ‘n malam Minggu neh.. wkkkkk… Puncak acaranya adalah Minggu malam. Dalam acara ini, panitia SJF mengundang narasumber yang slain menjadi juri, juga mempersembahkan budaya2 tradisional Jepang berupa permainan taiko (drum Jepang) dan juga tarian Bon Odori. Ada juga kerjasama dari Japan Foundation di mana banyak barang tradisional Jepang yang dipinjemin, juga pameran2 kebudayaan yang ditampilkan saat acara. Dan nggak lupa lagi, di acara ini juga banyak banget permainan2 tradisional Jepang plus makanan2 Jepang yang enak2!


Fantastis banget kan? Di event ini, ada beberapa perlombaan yang seru2. Ada lomba band yang bawain lagu2 Jepang, lomba warna tingkat TK mpe SD kelas 3, ‘n yang paling dinantiin yaitu lomba cosplay. Pasti udah nggak asing lagi kan ama cosplay? Lomba cosplay ini dibedain dalam beberapa kategori: cosplay anime ‘n cosplay original yang meliputi harajuku style. Acara ini juga nggak luput dari sponsorship loh… Khususnya ada sponsor utama yaitu ULTIMA Computer dan ada satu sponsor utama juga yang banyak mendukung yakni Indosat. Trus ada juga sponsor pendukung dalam menyukseskan acara ini, yaitu Nano-nano, Kyoto, Japan Foundation, Tribun Pontianak, PT. Tempo, Honda, The Botol Sosro, Hi-Lo Teen, Nutrisari, Good Day, LA Light, Vitazone, GarudaFood, Revolution, Bodrex, Istana Boneka, Sophie Martin, Sun Flower, Glory Art, Diapet, Animonster, Gramedia, NU Green Tea, dll.



Ok, guys… Skarang kita liad-liad apa aja yang ada selama acara Summer Japanese Fair ini berlangsung..

Pada acara ini ada berbagai aneka stand yang sangat menarik, ditambah banyak games bernuansa Jepang yang semakin memeriahkan acara ini. Stand-stand yang ada meliputi stand foto gratis, stand makanan unik khas Jepang, stand minuman, stand tattoo, stand permainan, de el el… Banyak banget pokoknya… Untuk stand permainan, games yang ada yakni games nangkep ikan(ikannya cantik-cantik tuh..), games melempar kaleng, games mancing bola di air, games memukul semangka, dan masih ada beberapa alat permainan tradisional Jepang yang dijadikan pameran dan juga bisa dimainkan deh… Untuk beberapa games, jika berhasil menyelesaikan gamesnya biza dapat souvenir-souvenir unik lho..

Dalam event ini, ada satu hal yang gak kalah menariknya yang cukup menarik banyak perhatian pengunjung, yaitu OBAKE atau disebut juga rumah hantu Jepang… Panitia yang jadi hantu-hantunya sudah didandan semirip mungkin dech dari mukanya hingga badannya yang seperti dilumuri darah, benar2 mirip hantu asli.. Ceyemmm… Di dalam OBAKE sudah dirancang seperti sebuah labirin, jadi pengunjung yang masuk harus berusaha mencari jalan keluar dan juga melewati hantu-hantu di dalamnya…haha

Untuk rangkaian acaranya, pada Sabtu malam yaitu ada band-band yang membawa alunan lagu Jepang, dancer dan break dancer yang keren, ‘n yang paling meriah yaitu perlombaan cosplay anime dan cosplay original. Semua peserta cosplay menunjukkan aksi dan kebolehan mereka di atas panggung untuk menarik perhatian dewan juri dan simpati dari pengunjung agar mereka dapat terpilih menjadi juara favorit. Kemudian pada hari Minggu siangnya diadakan perlombaan band yang mewajibkan setiap pesertanya menyanyikan lagu jingle Kyoto dan satu lagu Jepang pilihan mereka sendiri. Dilanjutkan lomba mewarnai tingkat TK dan SD.

Acara panggung kemudian dimulai kembali sekitar menjelang malam, dalam acara malam ini, peserta cosplay anime dan original masih menampilkan aksi mereka di panggung. Menjelang penghujung acara diumumkannya pemenang dari lomba-lomba di event Jepang ini dan penyerahan hadiah-hadiah kepada pemenang tersebut.


Berikut pemenang-pemenang dari lomba Summer Japanese Fair 2009:
Lomba Band:
1. Azayaka
2. At’panama
3.Ophelia

Lomba Cosplay Anime:
1. Hensen (Cloud Strife)
2. Hally Santoso (Iori Yagami)

Lomba Cosplay Original:
1. Kirei Luna
2. Maho Ayaka
3. Wendy

Lomba Mewarnai TK:
1. Carine Arya Putri
2. Winsent Halim
3. Viona Jovan

Lomba Mewarnai SD:
1. Jovian Christo
2. Cindy Clara Yonanda
3. Sheren Salim







That’s all about acara SJF ini. Pokoknya gak nyesel deh bagi yang udah datang ke acara yang jarang sekali ada di Pontianak gini.

Oops.. Denger2 nih, ada bocoran dari ketua panitianya sendiri, ntar bakal ada SUMMER JAPENESE FAIR (SJF) lho pada tahun 2010 dan akan lebih seru dan dekorasinya akan lebih wah!! “Doain aja yah,” kata ketuanya. Pada penasaran kan? Kita tungguin aja ya!! Sukses selalu buat SUMMER JAPENESE FAIR (SJF).

-Admin-

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan, mohon tinggalkan komentar Anda (tolong sopan dan mengikuti tata krama)
Terima kasih.